Arti Marhaban Ya Ramadhan yang Sebenarnya

Sebentar lagi bulan suci Ramadhan akan segera tiba. Datangnya bulang suci ini identik dengan ucapan kalimat Marhaban Ya Ramadhan. Kalimat ini seringkali orang ucapkan di bulan suci Ramadhan, baik di poster, spanduk, maupun berita siaran di media sosial. Namun, apakah Anda tahu arti dari ucapan Marhaban ya Ramadhan tersebut? Nah, simak ulasannya berikut ini tentang arti Marhaban Ya Ramadhan.

Arti Marhaban Ya Ramadhan

Arti Marhaban Ya Ramadhan menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) yaitu sebagai sambutan atau hormat terhadap tamu yang datang dan merupakan kata seru. Jadi, arti dari Marhaban Ya Ramadhan sendiri dalam Bahasa Indonesia yaitu ‘Selamat Datang Ramadhan’.

Selanjutnya, menurut Bahasa Arab, kata Marhaban adalah kata turunan dari ‘Rahb’ yang memiliki arti ‘lapang atau luas’. Dengan demikian, arti Marhaban dalam Bahasa Arab adalah kelapangan dada terhadap tamu yang akan datang.

Dalam hal ini, Marhaban menunjukkan kelapangan dada dan rasa gembira akan datangnya bulan suci Ramadhan. Jadi, kesimpulannya adalah kalimat Marhaban Ya Ramadhan memiliki arti ‘Selamat Datang Ramadhan’

Bulan Ramadhan adalah bulan yang selalu orang muslim nanti-nantikan. Hal ini karena dalam bulan suci Ramadhan terdapat banyak sekali keutamaan dan keistimewaan yang tidak ada di bulan lainnya. Maka dari itu, sebaiknya perbanyaklah amal ibadah dan kurangilah dosa di bulan suci Ramadhan ini.

Hukum Puasa di Bulan Ramadhan

Ramadhan adalah bulan suci yang penuh dengan kemuliaan dan keistimewaan. Pada bulan ini, segala pintu kebaikan terbuka lebar dan pintu neraka tertutup rapat. Oleh karena itu, seluruh umat muslim seharusnya melakukan banyak amal ibadah kebaikan di bulan ini dan menjauhi segala larangan agama.

Salah satu amal ibadah wajib di bulan suci Ramadhan ialah puasa. Umat muslim wajib berpuasa penuh selama bulan Ramadhan jika tidak memiliki halangan apapun, seperti nifas, haid, dan lainnya yang tidak memenuhi syarat sah berpuasa. Hukum berpuasa ini juga telah ada di dalam QS. Al Baqarah ayat 183 sebagaimana berikut ini.

Nah, itulah penjelasan mengenai arti Marhaban Ya Ramadhan dan juga hukum berpuasa di bulan Ramadhan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda.

Tinggalkan komentar