Masjid di Sumatera yang Indah-indah

Masjid Raya Al Mashun, Medan

Masjid memang tidak hanya menjadi tempat beribadah saja melainkan banyak orang mengunjunginya sebagai destinasi wisata. Tentu saja karena memiliki bentuk bangunan yang indah dan menarik perhatian. Salah satu rekomendasinya adalah masjid di Sumatera dengan desain mengagumkan.

3 Masjid di Sumatera dengan Bangunan Indah

Masjid akan sangat ramai ketika mendekati bulan Ramadhan saat umat Muslim ingin sekali meningkatkan keimanannya. Namun kini pun tidak hanya di masa seperti itu saja melainkan banyak wisatawan mengunjunginya sebagai destinasi wisata, berikut ketiga rekomendasinya di Sumatera:

Masjid Raya Baiturrahman, Aceh

Masjid ini terkenal lantaran selamat dari tsunami di Aceh silam. Bangunan ini merupakan peninggalan dari Sultan Iskandar Muda di abad ke-17. Banyak orang menganggap jika kemegahannya hampir menyerupai Taj Mahal di India

Ketika Anda masuk lebih dalam, akan menjumpai adanya ornamen masjid dan ukiran sulur yang merupakan hasil adaptasi dari Persia dan Turki. Sementara jendela besarnya justru lebih mirip seperti desain bangunan Belanda sehingga terlihat sangat menarik karena menggabungkan banyak arsitektur.

Masjid Raya Al Mashun, Medan

Masjid Raya Al Mashun memiliki dinding berwarna putih serta ornamen hijau kebiruan sehingga tampak sejuk ketika Anda melihatnya. Kubahnya tidak berbentuk bulat namun menyerupai bawang sehingga menjadi daya tariknya.

DInding luar masjidnya pun memiliki bentuk yang sama seperti kubahnya. Hiasan dinding koridor hingga ornamen plafon berwarna merah bata seperti gaya Mughal India sehingga terkesan menjadi bangunan khas Timur Tengah.

Masjid An Nur, Pekanbaru

Daya tarik yang ada di Masjid An Nur terletak pada jam digital masjid dan kubah-kubah berbentuk bawang. Model bangunan seperti ini ternyata sudah menjadi ciri khas dari masjid di Sumatera Utara. Salah satu detailnya yakni ornamen berwarna hijau, kuning dan biru pada permukaannya.

Gaya bangunan Masjid An Nur lebih mirip seperti Istana Kremlin yang berada di Rusia. Dinding masjidnya berbentuk kubistik dengan celah kecil di permukaan sehingga menyerupai model arsitektur pada Timur Tengah.

Ketiga masjid di Sumatera di atas dapat Anda jadikan sebagai referensi untuk berwisata religi di Indonesia. Tidak hanya di pulau ini saja, tentunya ada banyak bangunan lain yang berbau Islami sangat menarik wisatawan datangi.

Tinggalkan komentar